TUBUH TETAP SEGAR SAAT BERPUASA

Pada sebagian orang berpuasa dianggap menyiksa. Pusing, Lemas, napas bau, mudah ngantuk, dan sebagainya. Padahal keluhan itu justru merupakan reaksi normal saat kita mulai menjalani puasa. Berikut adalah tips agar tubuh tetap segar saat menjalankan puasa:

  1. Tekadkan puasa dengan Niat karena Allah Ta’ala.
    Niat mempengaruhi kerja hormon di otak yang akan membantu proses  berpuasa.
  2. Sahur dengan menu seimbang.
    Saat menunaikan ibadah sahur, sahurlah dengan makanan yang berimbang gizinya. Kurangi makanan tinggi lemak,terutama goreng-gorengan. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Minum air jangan berlebihan, secukupnya saja.
  3. Berbuka Secukupnya.
    Jangan menjadikan berbuka sebagai ajang balas dendam setelah berpuasa. Jika anda berbuka puasa berlebihan anda akan malas melakukan ibadah lain di bulan puasa yakni Sholat Tarawih karena kekenyangan anda jadi malas dan tidak dapat pahala deh. Selain itu makan berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Hindari menu berbuka yang tinggi gula dan tinggi lemak seperti kolak dan makanan manis lainnya. Makanan ini menyebabkan berat badan mudah naik dan lemas/mengantuk. Berbukalah dengan buah segar dan manis. Nabi Muhammad saja mencontohkan berbuka dengan 3 buah kurma dan segelas air putih. Buah akan cepat memulihkan energi tubuh yang hilang selama berpuasa. Buah juga kaya serat yang dapat menahan kenyang lebih lama, mengendalikan gula darah, dan mencegah konstipasi. Banyak makan buah dalam program puasa juga mencegah kulit keriput.
  4. Kombinasikan makan malam dan makan sahur dengan memperbanyak sayuran, terutama sayuran segar. Hindari makanan instan, kalengan, yang tinggi pengawet/bahan sintetis. Makanan sahur harus makanan segar dan baru, bukan makanan yang dipanaskan berulang-ulang.
  5. Tidak perlu minum obat untuk sakit kepala atau maag. Pusing dan perut kembung adalah reaksi normal pada hari ke-3 atau ke-4 puasa. Jika keluhan berkepanjangan bisa jadi karena pola makan Anda masih buruk atau ada penyakit serius.
  6. Melakukan aktivitas
    Lho? koq melakukan aktivitas? kita kan puasa? ya itu biasanya dijadikan sebagai alasan yang tidak dapat di ganggu gugat. Jika saat puasa kita tidur terus tanpa melakukan aktivitas justru akan membuat badan terasa lebih pegal. Meskipun Tidurnya orang puasa merupakan ibadah tapi tetap saja itu tidak bisa dijadikan alasan. Tetap melakukan aktivitas hanya dikurangi sedikit beban kerjanya akan membuat kita lebih sehat
  7. Tubuh perlu Adaptasi.
    Saat pekan pertama puasa tubuh akan bereaksi karena jika kita tidak membiasakan diri puasa di hari selain bulan ramadhan akan membuat tubuh kita cepet merasa lelah dan lesu. Kalau hal ini menimpa anda sebaiknya jangan dipaksakan meneruskan pekerjaan. Istirahatlah sejenak.
  8. Rutinkan minum madu, sari kurma, dan habbatussauda terutama ketika Sahur.
    Madu
    dan Sari kurma minimal 2 sendok makan ketika sahur, dapat membantu meningkatkan stamina tubuh agar tetap fit dan tidak lemas selama berpuasa. Habbatussauda sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit

selamat puasa

Waroeng Sehat beserta segenap Crew mengucapkan..
Selamat menjalankan Ibadah puasa Ramadhan.

Mohon maaf lahir bathin

Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT.

Aamiin..

sari kurma tamrmadu raja

Tags: , , ,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Comments are closed.